Monday, January 26, 2015

Vendor Review (yang sudah hampir terlupakan)

Hallo semuaa!

Sekejap mata saja, satu tahun sudah terlewatkan dari hari H :) like only a-blink-away! hehe

Sebelum saya tenggelam lagi dengan kesibukan yang lain, saya mau menyempatkan diri untuk melakukan Vendor review di pernikahan saya. :)

Ok, kita mulai dengan cara penilaian saya yang suka-suka saya. Saya akan memberi nilai 10 pada vendor yang paling baik, dan akan berkurang 1 point di setiap kekurangan mereka yang saya temukan. So, for all bride-to-be yang nggak sengaja masuk ke blog saya ini, ENJOY! :)

Gedung: SMESCO, melalui BRP management (CP: Mas Fadil).
Nilai: 10/10
Saya sudah pernah membahas sedikit tentang gedung ini disini
Secara garis besar, saya puas dengan pelayanan gedung smesco dan BRP Management. Mas Fadil sangat kooperatif membantu persiapan sampai dengan hari H pelaksanaan.
Sebenarnya BRP juga memiliki jasa WO, tapi sayangnya mereka tidak dapat melayani dari acara pagi hari. Hanya melayani acara di gedung saja. Jadi saya tetap menggunakan WO dari luar. Namun demikian, Mas Fadil & team tetap bertanggung jawab ngurusin urusan2 kita di Technical Meeting, even sampai hari H. Mereka bisa ber-koordinasi dengan WO yang saya hire terpisah. So, a perfect number for them. Give applause! :)

Gereja: Kapel MBK
Nilai: 9/10
Dari awal kami mencari tempat pemberkatan yang intimate dan bisa menampung semua tamu undangan. Tempat itu harus: tidak terlalu besar seperti gereja sehingga terlihat kosong dan tidak terlalu kecil sehingga bisa menampung seluruh keluarga dan teman2 yang tidak bisa datang ke acara di malam hari (karena pada hari yang bersamaan, kami memiliki 2 orang teman yang hari pernikahannya sama dengan kami). Tempat itu juga harus, mudah dijangkau dan terletak didekat hotel atau tempat apapun yang kita gunakan untuk shooting di pagi hari. hehe.
Long story short, kami memilih Kapel MBK. dari sisi pelayanan, MBK agak sulit. Sulit dihubungi, sulit di booking. Karena kita harus datang sendiri ke sekretariat nya untuk booking tempat. Ini agak sedikit merepotkan karena: kami sama2 bekerja kantoran yang penuh di setiap hari, senin-jumat; dan kami sama2 bukan berparoki di MBK.
Tapi overall, Kapel MBK is still good, intimate, and nice. :) Bapak Koster-nya (saya lupa namanya, maap yah Pak), juga mudah dihubungi untuk bookling waktu gladi bersih. So, NINE for you, MBK :)

Bridal: Ivory
Nilai: 8/10
Delapan saya rasa pantas banget untuk IVORY Bridal. Dengan kata lain saya akan menyarankan teman saya kalau mereka bertanya, untuk memakai Ivory. TAPI. Saya tidak akan menyarankan teman saya untuk mengambil beberapa service disini.
Urusan sewa baju dan MUA, nggak usah ditanya lagi, Ivory has been one of the best. Banyak teman saya yang suka sama baju yang saya pakai, karena baju tersebut simple, yet elegan. (hehe GR). Guess what, itu bajunya baju paket kelas 3 (saya lupa nama paketnya), yang pasti bukan baju "tangan pertama" dan bukan baju design pribadi. What I am trying to say is: even saya nggak ambil paket paling mahal, tapi mereka punya banyak stok baju2 bagus.
MUA di Ivory ada 3 macam: Ci Ivone (anaknya yang punya Ivory, katanya sih gitu), Ci Rina, dan Ko Acong. Pastinya menggunakan Ci Ivonne mahal donk yah.. so saya pakai Ci Rina. TOP make up nya. Beberapa orang mungkin akan suka dengan ko Acong, tp for me ko Acong terlalu soft dan kurang pas buat saya yg pribadinya tidak soft sama sekali HAHA. Tapi Ci Rina ini make up nya sangat detail. So dia membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.
Satu hal yang saya tidak suka dengan Ivory adalah baju bridesmaid nya kecil2! Mereka bilang "kan biasanya yang jadi BM itu anak2 SMP SMA ciii" Yah elah saya ky merit di tahun 90an. 
In short, 8 adalah nilai yang pantas buat Ivory! give applause!!

Catering: Bali Indah 8/10
Nggak ada yang meragukan makanan Bali Indah. Soal rasa, masakannya ok banget! Soal service, should be fine. the down sides are: 1) penggantian PIC secara mendadak di hari H membuat WO saya lumayan kalang kabut mencari PIC nya., 2) saya menggunakan 1 stall dari luar, dan Bali Indah sudah agree. Namun mereka tidak menyiapkam jumlah piring sesuai dengan agreed numbers yang mereka janjikan. But overall, Bali Indah is a great addition to my D day :) 

Entertainment: Voice Brother 10/10
Pak Tony adalah owner, merangkap MC nya VB. Penampilan Pak Tony itu jenaka, menurut kami sesuai untuk pesta pernikahan dengan mayoritas tamu adalah orang tua. Makanya akhirnya kami putuskan menggunakan jasa VB. Pak Tony pun memberikan bonus2 seperti tambahan sound system untuk foyer di luar ruangan, salah satu pemain gitar merangkap menjadi penyanyi sehingga saya punya full band plus 2 singers ( ce &co). Di hari H, Pak Tony nya sakittt!! yah ini bukan salah siapa2, sakit itu kan musibah. Tapi beliau mengganti MC nya dengan MC yg nggak kalah ok. saya lupa namanya.. maap yahh pak MC!! MC baru ini jam terbangnya juga nampaknya banyak, dan dia lebih "masa kini" a.k.a masih lebih muda dibanding Pak Tony. So, perfect score tetap saya berikan ke VB karena mereka sangat baik delivered their services!

Photo hari H: Imperial Photo (8)/10 ( sementara)
Ko Lukman, owner sekaligus PIC, sekaligus photographer IP sangat ramah dan suka memberikan ide2 bagus. Namun demikian, again, di hari H dia kena musibah yang menyebabkan kakinya luka dan nggak bisa perform. Then dia digantikan oleh anaknya (again, saya lupa namanya haha maap yahhh!!) 
Over all sih performa si IP team ini bagus. But several critics from me: 1) beberapa foto menurut kami pengambilan sudutnya kurang pas. Seperti foto saat Tea Pai dan foto2 saat di gereja, 2) pemindahtanganan tanggung jawab antara Ko Lukman ke anaknya nampakmya kurang smooth. Saya sudah mengirimkan foto masa2 kecil dan pacaran saya dan anto untuk di pasang di slide SDE. Tapi, slide itu nggak dipasang karena si anaknya mengaku belum dapat apa2 daribapaknya. hmmmmm... akhirnya sih saya dengan sigap mengirim sisa2 perjuangan saya dr HP dan dipasang apa adanya. saya agak kecewa sama kejadian ini. karena mengumpulkan foto masa kecil itu nggak mudah sama sekaliii.... :( But, untuk SDE nya sendiri banyak yang bilang baguusss :) 
anyhow, album IP belum di tangan saya sampai sekarang. Bukan kesalahan mereka kook. Ini kesalahan saya haha karena saya baru memilih2 master fotonya setahun kemudian HAHA .
Sementara kami memberikan 8 untuk IP. kalau album sudah jadi, akan kami update yahh...

Dekor: Oemah72 10/10
Saya suka dekor dan orang2 dekornya (titik). Kenapa? karena mereka sama sekali nggak neko2. sesuai kemauan dan nggak pake "dikit2 tambah.. dikit2 tambah.." 
Bahkan di H - 3 saya di tlp oleh ownernya untuk menawarkan saya menggunakan "upgraded decor" tanpa nambah. hehe. Ini hoki di saya sih. Karena orang yang pesta di smesco di siang hari menggunakan upgraded decor. Nah, untuk mempermudah mereka (nggak usah ganti2 lagi ke std decor) , mereka menawarkan saya menggunakan upgraded decor dengan warna yang disesuaikan dengan warna theme saya! Yeayy!!

WO: Best WO 9/10
Best WO ini ownernya si Wilson ( thank God saya nggak lupa namanya). Pertama kali ketemu ini anak, masih keciiilll.. *oops* masih kuliah sih pada saat itu. tapi saya salut sama dia, bisa punya inisiatif menjalankan WO. Anyhow, performa Wilson nya sih nggak bisa diragukan lagi. Karena udah berpengalaman, dia pun ternyata punya lengalaman WO di MBK dan di Smesco. So, semuanya beres dia aturin. One down side of Best WO: Wilson is the one man show. Beberapa bridesmaid saya agak kecewa karena saat mereka menanyakan sesuatu ke team WO sering mendapatkan jawaban "nggak tau," Tapi untungnya di hari H, Wilson can handle them all. dan acara bisa berjalan dengan sangat lancaarr! Thanks Best WO!!


Nampaknya cukup sekian reviewnya. Vendor2 yang lain2 yang tidak menyangkut acara tidak saya review yah.. karena pada dasarnya saya ini pemalas.hehe Tulisan ini sudah menjadi draft sejak 7 bulan lalu. dan baru bisa saya selesaikan hari ini :( *bukti kemalasan saya* :D 

Smoga membantu untuk yg lagi wed-prep!!
Ciao!!


1 comment:

viska wanti arieska said...

dear capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung HIS GRAHA ELNUSA hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
-GEDUNG
-CATERING
-DEKORASI
-RIAS & BUSANA
-PHOTO&VIDEO
-PROMO CASHBACK!!
-etc..

luxury place with affordable price
hub. marketing his 081319797403 (VISKA)