Saturday, June 14, 2014

Milestone IV: Sangjit

Sayang sekali akhirnya semalam saya melewatkan pertandingan Belanda-Spanyol :( Padahal nampaknya seru melihat Spain dipermalukan sampai 5-1 sama si bekas penjajah kite..hehe.

Anyway, saya melepaskan pengalaman nonton Spain dipermalukan dengan hal yang lebih menggembirakan hari ini! :D

s.a.n.g.j.i.t!

Saya mau cerita tentang sangjit hari ini. Sudah merupakan tradisi orang suku tionghoa untuk mengadakan acara sangjit atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan : seserahan.

Background.

Acara sangjit ini biasanya diadakan 1-2 minggu sebelum menikah. Nah, kalau saya 2 bulan! kenapa? karena jujur saja, saya menikah dengan melihat tanggalan :D Jadi, saat saya menikah nanti adalah tanggal 5 atau 6 bulan 8 a.k.a bulan bagusnya suku tionghoa untuk mengadakan pesta (CMIIW, secara saya tionghoa casing hihi) Nah, sedangkan, bulan 7 itu adalah bulan "orang meninggal" (mungkin seperti bulan November, atau bulan untuk mendoakan orang-orang yang sudah meninggal, menurut agama katolik. Again, CMIIW). Nah, kalau sangjitnya diadakan 1-2 minggu sebelum tanggal saya menikah, maka tanggal tersebut masuk ke bulan 7 (tanggalan china), so no good no good :D

Sangjit sendiri dimaksudkan agar ikatan kedua keluarga menjadi lebih dekat lagi dan sebagai tanda bahwa hubungan the bride and the groom to be sudah menjadi resmi secara tradisi. Atau dengan kata lain, ikatannya sudah menjadi semakin kuat hehe. Nah, tandanya adalah, si MT sudah harus memanggil orang tua saya dengan "papa dan mama" dan sebaliknya saya memanggil ortu MT dengan "papi dan mami". Tapi in the end, kami berdua nampaknya masih canggung hehe. Akhirnya saya kembali memanggil "om tante" dan si MT juga pas pulang ijin sama orang tua saya pakai "om tante, pamit dulu" hihihi. Nampaknya kebiasaan masih susah diubah deh yah..hehe.

Preparation.
Saya dan keluarga saya sebenarnya sudah tidak terlalu menganut kepercayaan orang dulu a.k.a china casing (istilah saya untuk orang tionghoa yang sudah tidak mengerti adat nya). Dan, si MT juga sudah tidak terlalu menganut kepercayaan ini. Tapi menurut tante saya, adat tetap harus dilaksanakan. Yah, jadi keputusan kami, saya dan MT, untuk tetap melestarikan adat istiadat suku kami, supaya nantinya saat kami menihkahkan anak kami (beeuuhh masih lama beuutt!!) , at least kami mengerti sedikit ttg ini. hehe. Jadi, kami pilih tanggal dimana tidak di bulan 7 dan tidak terlalu tergesa2 juga. So dipilihlah hari ini!

Persiapan yang saya lakukan: pertama kali adalah memutuskan mau berapa nampan, dan nampan tersebut mau diisi apa saja. Sebenarnya ini preference banget sih. Saya pernah mendengar salah satu anak kantor pernah melaksanakan adat ini, dengan nampan yang isinya tas hermes, sepatu2 bermerk, dll dll. *OH NO!* Kalau saya sih, sepatu asal baru alhamdulilah, tas juga yang penting baru alhamdudlilah (buat dipakai di hari raya) hehe.

Nah, kami memilih menggunakan 6 bakul. Isinya kurleb: perhiasan dan angpao, perlengkapan pihak wanita, wine 2 botol, buah2an, kue2an, dan permen2an. hihi. Nanti isi bakul ini diambil separuh, kecuali perlengkapan wanita yang ditukar dengan perlengkapan pria.

Kalau isi2nya beli dimana?? jangan kawatir, ada toko di kota yang menjual perlengkapan ini lengkap! Saya dapat cerita ini dari camer saya :D mereka tinggal datang ke toko tersebut, dan mereka sudah tau apa saja yang dipersiapkan untuk setiap adat tionghoa (khek, hokian, etc etc). hehe.

Persiapan yang mama lakukan: MASAK! :D
Saya bantuin kook! Teman-teman saya banyak yang bertanya, kenapa sih kamu nggak mengajak keluarga pria makan keluar ajah. Jadi setelah penerimaan dan pertukaran bakul, langsung saja diajak ke restoran. Saya hanya bisa speechless. hehe. Saya tau banget, mama saya ini hobby masak, walaupun dia suka ribut capek kalau masak hihi. Tadinya sempet berfikir untuk pesan catering saja. Tapi dia denger dari salah satu temannya kalau catering tersebut tidak enak :( Tanpa melirik2 catering lain, langsung lho dia merumuskan mau masak apa saja. Yah sudahlah, saya toh lebih suka masakan mama daripada masakan catering. So, saya nurut ajah deh. Tinggal menyiapkan bantuan ajah kalau disuruh potong2 sayur hihihi.

Kurleb ini makanan kami hari ini:
Terimakasih mama dan tante2 yang menyumbang makanan! :D

The main cast and the guests:
Main cast pastinya keluarga inti MT dan keluarga inti saya. Tapi kami juga mengajak dan mengundang keluarga lain (om tante aa teteh ncang encing nyak babe!) Lucunya, perhelatan hari ini jadi seperti kumpul bocah, karena ramai sekali anak kecilnya! hehe. MT itu 3 bersaudara dengan koko dan cici yang jauh lebih dewasa dari dia. So mereka sudah punya anak masing2 2 yang berusia 4-7 tahun. Koko saya sendiri punya anak 1 yang usianya hampir 3 tahun. Sepupu saya ada yang seumuran kokonya anto, membawa anaknya 2, usianya 4&7 tahun. Sepupu2 saya yang lain ada yang membawa balita yang usianya baru 1-2 tahun. haha! Jadi rumah saya hari ini ramai sekaliii.. sampai diwarnai dengan si Damien rebutan mainan sama koko sepupunya Juan haha!

The end!
Sudah deh acara hari ini ditutup dengan tidur siang yang berlebihan. Badan serasa rontok! Saya cuti dari hari Jumat untuk bantuin mama masak. Jumat malam date night sama si MT sampe jam 11. Sabtu pagi jam 5 sudah harus bangun untuk kembali bantuin mama masak dan siap2 nyalon (iyah, saya sempet2in nyalon lho! hehe). Selama acara harus melayani semua tamu dan akhirnya nganterin Om saya pulang. Sampai rumah harus bantuin mama beberes. OMG! What a day! hihi. Tapi syukurlah, satu lagi "to-do-list" bisa kami coret dari semua list wed-pred kami yang tak kunjung usai hihi.

Terimakasih Tuhan, semua acara sudah berjalan lancar.
Terima kasih Mama dan Papa yang sudah membuka rumah dan masak2 enak untuk acara putri-nya yang paling cantik ini! (iyahlah cuman 1 putrinya sihh hehe)
Terimakasih Mami dan Papi baru saya (camer-red) yang sudah bersedia datang dalam rangka menikahkan anaknya, si MT, dan saya :D
Terimakasih MT yang sudah bersedia menerima pacarnya yang bawel dan suka ngambek ini, menjadi tunangan kamu! hihihi
Terimakasih Aurel dan Koko saya, yang bela2in pulang dari India buat saya! hehe (nggak dink! memang sudah beres kerjaannya!)
Terimakasih Koko Septi dan Keluarga dan Ci Nana dan keluarga! :D
Terima kasih saudara2 saya dan MT yang sudah menyempatkan waktu datang (dan menyumbang kue-kue hihi! enak! lho!) serta memeriahkan acara kami!
Terima kasih teman2 "groupies" dan "grow old together" hehe. :D
Dan teman2 semua yang sudah bersedia mampir ke blog saya untuk sekedar membaca!

Sekian dari kami! hihi Doain yahh! Semoga semua persiapan kami lancar sampai hari H! :D

Jeng Jeng! Ini dia The main casts yang sudah sumringah hehe.

No comments: